GeMBIRA Bersama

“Innalillahi…dompetnya lupa! Tadi ibu simpan dimana ya?” Tanyaku pada putri kecil kami, Allisa.
“Tadi Adek berikan ke ibu sebelum pergi, “jawab Allisa.

Allisa langsung menelpon teh Fitry untuk membawakan dompetku ke kantor JNE di jalan Dago.
“Hm, teteh malah tanya baksonya masih buka atau ngga, ” keningnya berkerut. “Aneh” lanjutnya sejurus kemudian.

Tidak lama kemudian Teh Fitry datang membawakan dompet dan membayar biaya pengiriman dokumen penting untuk sahabat keluarga kami.


image

Menjaga konsistensi

Hari-hari yang melelahkan mulai menunjukkan hasilnya. Satu per satu kewajiban kepada pihak lain bisa kami penuhi. Alhamdulillah Allah menggerakkan hati sahabat-sahabat lama kami. Mbak Nina, perempuan cerdas yang sedang merintis perusahaan baru tanpa banyak pertanyaan memberikan bantuan untuk pembayaran cicilan rumah yang sudah dua bulan tertunda. Pak Eko sesama pegiat pemenuhan hak pendidikan anak di kota Bandung membuka kesempatan untuk menambah modal kerja dari koperasi warga yang dikelola di tempat tinggalnya besok pagi. Pak Satria Dharma yang tengah menggiatkan Gerakan Nasional Literasi memberikan pinjaman operasional hari ini untuk usaha yang tengah kami rintis bersama sahabat-sahabat dari alumni ITB. Sebelumnya kami juga mendapat bantuan dari ibu Dina, Rahma, Sasha, dan Pak Narto.

Berkali-kali ananda Fitry mengucapkan syukur atas kebaikan dan kepercayaan yang disaksikannya. “Alhamdulillah atas izin Allah konsistensi dalam mengerjakan hal-hal yang kita pedulikan berbuah kepercayaan. Teteh saksikan sendiri bagaimana teman-teman ibu sampai mempertaruhkan martabatnya untuk membantu sahabat yang tengah mengalami kesulitan. Ayo Teh, temukan passionmu dan tekuni dengan aksi-aksi nyata peduli diri, peduli sesama dan peduli semesta.” Ujarku.

Menemukenali Passion-mu

“Sebenarnya kita bahagia karena Adek akhirnya menemukan passionnya untuk melakukan perubahan” bisik Fitry saat kami berjalan menjauh dari warung bakso ceker mang Abud. Obrolan Pendidikan Ramah Anak selalu menjadi topik utama dalam keseharian kami. Kali ini sambil menikmati bakso buatan Mang Abud untuk pertama kalinya.

Ibu: “Ayo Adek mau melakukan perubahan apa di sekolah? Nanti didukung teteh ya. ”

Adek: “Anak-anak perempuan di sekolah baik banget lho! Temen Adek yang laki-laki juga baik, hanya suka menyelipkan kata hewan tertentu atau “g*****.”

Adek: “Eh, di sekolah Adek yang alami dibully justru guru agama. Ibu Y pernah curhat di kelas tentang anak-anak yang suka mengadukan kekurangannya kepada guru lain. Adek juga pernah melihat perlakuan yang kurang pantas di ruang guru terhadap ibu Y. Dan kejadian tersebut berulang kali. Kasihan”

Teteh: “Ayo Dek, kalau teman-temannya sudah baik, apa lagi ya yang bisa Adek lakukan untuk mewujudkan Sekolah Ramah Anak di sekolah.”

Ibu: “Waktu belajar bersama bu E di rumah ibu dengar ada beberapa teman Adek yang merasa diperlakukan salah oleh kakak kelas ya ?”

Adek: “Oh iya, menurut kakak kelas, tidak pantas kalau adik kelas tidak menyapa saat berpapasan. Hal ini sering membuat suasana kurang nyaman. Adek mau jadi kakak kelas yang baik setelah naik ke kelas 8. ”

Ibu: “Jadi ingat kebiasaan khas Adek yang selalu tersenyum saat ditanya trman-teman ibu. Senyum Sapa Salam. Menarik.

Adek: “Senyum Sapa Salam kepada Adik Kelas ya, Bu!”

Teteh: “Wah, asyik tuh. Bisa jadi S3ASTERS (dibaca sisters) Senyum Sapa Salam kepada Adik kelas Tersayang.”

Ibu: “Adek kan senang buat doodle art, bisa buat desain pin khusus untuk kakak kelas yang bergabung di S3ASTers ya.”

Adek: “Mau ajak teman-teman buat komunitas S3ASTers. Tahun depan pas penerimaan peserta didik baru siap beraksi ya. Menyambut adik-adik kelas dengan senyum, sapa, salam. Indahnya!”

Teteh: “Ayo Dek, buat desain pinnya! Nanti teteh bantu jadi desain siap cetak ya.”

Alhamdulillah asyiknya GeMBIRA Bersama KerLiP

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s